Omprengan,Kebutuhan atau Kekurangan?

Pagi hari di salah satu daerah pinggiran kota jakarta.Sebut saja daerah bilangan bekasi.Tepatnya bekasi timur,terlihat setiap pagi pada pukul 05:00 – 10:00 WIB orang-orang  sudah ramai sekali untuk bekerja dan banyak mobil-mobil pribadi/plat hitam memarkirkan kendaraanya dipinggir jalan sebelum pintu tol bekasi timur.

Mereka memarkirkan mobilnya bukan untuk diparkir,melainkan mobil-mobil itu sedang memberi tebengan kepada orang-orang yang melakukan yang sedang berangkat ke kantor masing-masing (Omprengan).Nah,mengapa masyarakat bekasi pada waktu tersebut sudah ramai untuk bekerja adalah untuk naik angkutan omprengan menuju ke kantor.

Mengapa masyarakat bekasi lebih memilih omprengan, dibandingkan angkutan umum yang sudah disediakan oleh pemerintah kita.Hal ini memang ada sebab dan akibatnya mengapa mereka lebih memilih omprengan ketimbang angkutan umum.

Memang kalau dilihat dari segi kenyamanan angkutan umum kalah nyaman dibandingkan omprengan.Ini bisa dilihat 3 hal yang pertama dari kekurangan armada transportasi umum sehingga mereka harus menunggu lebih lama atau harus berdiri berdesak-desakan dengan penumpang lainnya,kedua mungkin dari sisi kelayakan transportasi tersebut apakah layak atau tidak?dan yang terakhir dari lalu lintas yang terbilang padat dari kota bekasi ke jakarta.

Sehingga mereka lebih memilih omprengan yang lebih nyaman dibandingkan transportasi umum,walau ongkos mereka harus merogoh kocek lebih dalam sekitar Rp3000 rupiah dari transportasi umum.Tetapi mereka tidak merasa dirugikan karena mereka mendapatkan fasilitas yang sebanding seperti: AC,tempat duduk yang nyaman anti copet,dan selingan musik dari si pemilik mobil.

Nah,apakah kasus seperti ini sudah jadi kebutuhan masyarakat bekasi akan adanya omprengan yang lebih nyaman dibandingkan transportasi umum atau sebuah kekurangan jumlah armada transportasi dan ketidaknyamanan transportasi yang ada di Indonesia?Mudah-mudahan secepatnya pemerintah dapat membenahi semua ini agar menjadi lebih baik.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s