Genata RC125, Tiruan Yamaha YZF-R125 Asal China

Buat beberapa pabrikan sepeda motor asal China, tampaknya hak paten, hak cipta dan merek dagang tidak terlalu memiliki kekuatan yang berarti. Hasilnya, banyak motor tiruan dari negara tirai bambu tersebut.

Seperti yang dilakukan Genata Vehicle Holdings Limited, lewat model barunya, Genata RC125. Tidak usah kaget kalau bentuknya mirip sekali dengan Yamaha YZF-R125.

Hampir semua detailnya sama. Mulai dari fairing, desain buntut dengan jok berundak hingga bentuk peleknya sama persis. Yang sedikit beda hanya pada desain lampu utama yang tidak setajam Yamaha YZF-R125 dan bentuk swing arm.

Yang menarik dimensinya juga sama persis loh. Spesifikasi panjang, lebar dan tingginya kembar, 2015 x 660 x 970 mm. Wheelbase-nya juga sama-sama 1.355 mm

Selain desain, mesinnya juga mengusung kapasitas ruang bakar sama persis. Sama-sama 125 cc 4 tak. Menyasar konsumen entry level di Eropa. Tapi mesin Genata RC125 menggunakan transmisi 5 kecepatan, sedangkan pada Yamaha YZF-R125 mengadopsi 6 kecepatan.

Perbedaan keduanya juga bisa dilihat dari panel spidometer. Spidometer Genata RC125 memiliki indikator lampu netral, sein dan lampu jauh terletak di sebelah kanan sedangkan Yamaha YZF-R125 terletak menyatu pada panel kilometer.

Meski kembar identik, pabrikan ini tetap percaya diri memperkenalkan produknya ke beberapa negara di Eropa. Salah satunya di Jerman.

Sumber : (motorplus-online.com)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s